Teori Terjadinya Bumi | Teori Planetesimal | X Sma

Share on :
Part II Teori terjadinya Bumi
Pada pembahasan sebelumnya telah dibahas mengenai Teori Kabut Laplace dan pada kali ini saya akan membahas mengenai teori Planetesimal. 
Seabad setelah teori kabut, Muncul teori Planetesimal yang dikemukakan oleh Chamberlin dan Moulton teori ini mengungkapkan bahwa pada mulanya telah terdapat ''matahari asal'' pada suatu ketika matahari asal ini didekati oleh sebuah bintang besar yang menyebabkan terjadinya penarikan pada bagian matahari oleh tenaga penarikan matahari asal tadi.

Maka terjadilah ledakan yang sangat dahsyat, Gas pada yang meledak ini keluar dari atmosfer matahari kemudian mengembun lalu membeku sebagai benda benda yang padat dan disebut Planetesimal. Dalam perkembangan selanjutnya menjadi planet-planet yang salah satunya adalah planet Bumi kita.

Dimulai pada kondisi benda yang berbentuk gas bersuhu sangat panas, kemudian karna proses waktu dan perputaran cepat, maka terjadi pendinginan pada benda yang bersuhu sangat panas tersebut yang menyebabkan terjadinya proses pemadatan (pada bagian luar) sedangkan suhu bumi pada bagian dalam masih sangat panas mencapai 6000 Celsius.

Anak Negri.blogspot.com  | Berikut adalah teori terjadinya Bumi menurut pendapat para ahli dan juga yang telah saya pelajari sedikit demi sedikit.. dan masih ada 2 teori lagi mengenai Teori Terjadinya Bumi dan akan saya posting di artikel berikutnya.


Artikel Terkait

0 komentar on Teori Terjadinya Bumi | Teori Planetesimal | X Sma :

Post a Comment and Don't Spam!

Bisnis Online yang di Rekomendasi