Kecanduan ''Internet Sehat'' Dan Aman

Share on :



Kecanduan Dalam Ber''Internet Sehat''





Istilah 4 sehat 5 sempurna, pasti pernah dengar kata kata tersebut kan! Apakah itu yang  dimaksud dengan internet sehat? jika benar ada dimanakah letak Internet Sehat Itu? Tapi yaa.. jika di kira kira mana mungkin sih di internet mengadopsi istilah 4 sehat 5 sempurna, berarti internet harus sehat selalu donk ??
Okelah... jangan berpikir yang macam-macam dulu.. mau tau kan kelanjutan dari artikel ‘internet sehat’ yuk mari sama sama kita baca paragraph selanjutnya.


Kecanduan Intenet Sehat? Maksudnya !!
Saat ini telah sangat banyak orang orang yang kecanduan internet, khususnya bagi kalangan remaja relatif lebih banyak di bandingkan kalangan dewasa. kecanduaan internet boleh saja, tapi semuanya itu ada batasannya. 
saya masih teringat kata kata pak Budiputra, beliau pemateri seminar yang di adakan di Politeknik Lhokseumawe mengenai ''go technology with blogging''  beliau mengatakan jika kita sudah suka dalam bermain blog rasanya ingin posting terus menerus. 
kata kata pak Budi ternyata benar, saya sudah memprakteknya sehari saja gak posting di blog rasanya agak terasa aneh. Nah jadi itulah yang saya maksud kecanduaan Internet Sehat.

Tetapi Faktanya !!
technology semakin lama semakin maju, dunia saat ini pun telah berubah drastis seiring dengan laju perkembangan technology dari masa ke masa telah membuat tingkat inflasi pemakai internet di seluruh dunia, semenjak populernya beberapa jejaring social seperti friendster, facebook, twiter dan masih banyak lainnya, ini telah membuat banyak orang yang demam akan aplikasi tersebut, maksud demam disini bukan berarti sakit karna demam, tapi sudah tergila gila dengan friendster,facebook, twitter dan juga tidak lupa untuk selalu update status.





Dan juga dunia online ternyata telah mempengaruhi beberapa remaja dan anak anak pada  umumnya, khususnya mengenai game online, yang tersedia di beberapa warnet. para penggunanya sebagian ada yang  memang telah kecanduaan di bidang game online, apabila ia tidak main game dalam sehari ini akan membuatnya kepikiran terus terusan pada game tersebut dan susah dalm berpikir selain berpikir mengenai game. Dan tidak sedikit diantara mereka yang menghabiskan waktunya didepan layar hanya untuk bermain game online. Itu sangat memprihatinkan, khususnya pada anak anak dan remaja yang hanya membuang waktu dengan sia-sia di depan layar sambil bermain game yang hanya akan merusak penerus generasi akan datang.




Apakah Itu Berguna ??

Sebenarnya itu tidak terlalu berguna, tetapi ada baiknya jika itu hanya sekedar hiburan dan  menjadikannya sebagai selingan dalam dunia Online, dan juga harus dapat mengoptimalkan dalam bermain game online karna disitu terdapat sifat yang mendorong diri untuk mencoba dan mengajak dalam bermain game online, jadi sebelum terjun ke dunia game online lebih jauh, ada baiknya untuk kita berfikir dahulu ‘’ apakah game ini akan membuatku sukses??’’, ‘’apakah ada manfaat dari bermain game ini ?? tentukanlah jawaban masing masing pada diri anda sendiri.





Apakah Ada Internet Kurang Sehat ??

jawabannya ada, mengapa? karena, sebenarnya masih sangat banyak para pembuat situs situs yang berisi content pornografi yang secara tidak langsung dapat bersifat merusak pola pikir seseorang. Apakah alasan para pembuat situs situs tersebut di dunia online ?? mereka berpikir karena setiap orang bebas untuk berkreasi di bidang internet dan juga dapat menghasilkan uang dengan cara apapun. Dan bukan hanya itu masih banyak lainnya pembuat situs internet yang berusaha membuat orang lalai salah satu contohnya seperti game Poker Online yang telah meracuni pola pikir dikalangan remaja saat ini, mereka orang barat berusaha keras dalam berpikir karna mereka mengetahui bahwa Negara Indonesia melarang warganya berjudi, maka secara tidak langsung mereka orang barat telah membuat Judi Online yang dapat di akses melalui internet dan dimainkan dimanapun berada.



Mengapa Hal Seperti Ini Dapat Terjadi ??

karena setiap orang bebas ber ekspresi di internet pada umumnya hal tersebut disalah gunakan, hal ini terjadi di akibatkan hasil dari penyedia situs yang dapat membuat lalai telah mewabah di beberapa website di internet. 
jadi permasalahannya, dapatkah hal tersebut di cegah dengan baik? Jawabannya BISA, karena permasalahan tersebut dapat dilakukan dengan mengoptimalkan dari segi pemanfaatan internet khususnya untuk hal hal negatif, karena langkah awal untuk mencegah hal tersebut terjadi dimulai dari hal hal paling sederhana pula.



Adakah Solusi Untuk ‘’BerInternet Sehat’’??

Disini ada beberapa tip dan trik ber’’internet sehat’’ yang dapat diambil manfaat, juga  waspada dan tidak lagi membuang buang waktu hanya depan layar khusus bagi para pecinta game online, seperti pada gambar tersebut sedikit memberikan gambaran bahwa uang ternyata telah tersedia di hadapan diri masing-masing, hanya saja butuh niat dan usaha dalam mengambilnya, jadi bagaimana caranya? beberapa contoh diantaranya seperti mengelola blog, membuat bisnis online, dan masih banyak cara lainnya.



langkah langkah agar lebih waspada



Hindari  membuka situs yang berbaur pornografi..

     Apabila mendapat situs yang tidak jelas asal usulnya, lebih baik tidak dibuka.



     Jangan sering terkecoh dengan penawaran iklan yang biasanya jika diklik maka akan muncul gambar porno ataupun penipuan dalam bentuk yang tidak di sangka sangka.
       
    Jangan mudah percaya apabila ada orang yang mengirim alamat web melalui media apa saja dari orang yang tidak terlalu kenal.

Sebenarnya telah sangat banyak solusi-solusi agar tidak membuka situs situs yang tidak bermanfaat tersebut. akan tetapi perlu ditinjau kembali dari segi tingkat kesadaran individu. karena perlu ditingkatkan kembali pada diri masing masing agar dapat mengatasi hal tersebut dengan baik dan benar dan juga perlu adanya bimbingan dari orangtua, guru, maupun kawan kawan karna lingkungan sangat berpengaruh pada pola diri masing-masing orang.  :)



Hikmah Yang Dapat Diambil !!

Sebenarnya segala sesuatu yang dilakukan itu dapat memberikan hikmahnya tersendiri tergantung pada diri masing masing saat memanfaatkan sesuatu hal. salah satu contohnya  di youtube.com, siapa yang gak kenal dengan Briptu Norman, Ayu Ting Ting, Udin dan masih masih banyak artis lainnya, mereka telah terkenal melalui video yang di upload melalui youtube.com hal itu terjadi karena bebasnya ber ekspresi di dunia maya. 
ada baiknya ketika bermain game online atau melihat youtube.com  mengapa tidak terlintas dalam pikiran masing masing agar berpikir bagaimana cara-cara pembuatan game tersebut dengan menarik dan sebagus-bagus mungkin, tidak hanya mahir bermain game, tetapi mahir mendesain game ... 
kembangkanlah potensi yang terdapat dalam diri anda masing-masing, karna dari sekarang adalah waktu yang tepat untuk menuangkan inspirasi khususnya karya tulis contohnya dengan membuat artikel-artikel dengan cara memposting karya anda di blog.
dan perlu diingat, jangan sampai drop/ hilang semangat ketika melihat blog orang lain lebih bagus dengan blog anda, karena anda juga dapat seperti mereka.. kuncinya adalah bersabar,usaha dan yakin untuk tercapai apa yang anda inginkan..
thanks.. selamat mencoba ya :)


*silahkan di coment apabila ada pendapat yang lain lebih baik menurut anda.                                        

Artikel Terkait

22 komentar on Kecanduan ''Internet Sehat'' Dan Aman :

Si Qerenda said... February 14, 2012 at 6:42 PM

Eummm Thank`s Gan Atas Infonya,,
Sebenarnya Internet Itu Tergantung Kepada Orang Yang Membukanya,,
Jika Pembukanya Bertujuan Positive Maka Keperluannya Dapat Pula,, Jika Pembukanya Negative Hancurlah Ia..
Kunjungi Balik Kawan..
http://siqerenda.blogspot.com/2012/02/dampak-internet-bagi-kaum-remaja.html

Meutia Fadilla said... February 15, 2012 at 5:28 AM

great !

eko wahyudi said... February 17, 2012 at 10:31 AM

makasih yat atas info terbarunya,,,
succes s'lalu boat loe,!

good job

Hi_dayat said... February 18, 2012 at 9:14 AM

Si Qerenda: thanks ya dah silaturahmi ke blonya ane
memang btol yang agan bilang.. perlu kesadaraan pada diri sendiri..

Hi_dayat said... February 18, 2012 at 9:17 AM

Meutia Fadilla: thanks ya atas kunjungannya.
eko wahyudi: iya sama sama.. sukses juga buat loe.
tenang aja eko, ntar di update yang terbaru lagi :)

eko wahyudi said... February 18, 2012 at 10:16 AM

siiip ane tuggu tu?

Hi_dayat said... February 18, 2012 at 9:57 PM

okeyy...ntar di kasih pemberitahuan lwt fb

Free-Downloads-Movie said... February 18, 2012 at 10:53 PM

gan,gmnaa bisa kepikiran buat artikel macam tu ?

Hi_dayat said... February 18, 2012 at 11:38 PM

oya, jadi gini .. kemarin tu ada seminar di poltek lhok, kemudian ada diadakan lomba buat blog dengan dengan tema ' internet sehat' jadi tujuan saya buat blog ini agar ada kesadaran khususnya bagi kaum remaja agar dapat mamanfaatkan internet untuk hal yang baik, dan dapat di manfaatkan oleh orang lain..
thanks ya gan atas kunjungannya :)

The Kid of Dream said... February 19, 2012 at 2:51 AM

Nice om ,, artikel yang menarik ..

Mari sama2 kita jadikan masyrakat indonesia sebagai masyarakat yang berinternet sehat :)

Hi_dayat said... February 19, 2012 at 8:44 AM

gua setuju gaya loe :D
okeyy gan, dengan posting ini semoga ada sedikit pencerahan khususnya di indonesia agar masyarakatnya dapat mengaplikasikan internet sehat dari sekarang pada diri masing masing...

Gooners said... February 19, 2012 at 8:56 AM

manatap gan artikelnya...
infonya bgus2....

Dissi said... February 19, 2012 at 9:14 AM

Keren banget gan artikel nya!!
love it!!!!
ane tunggu artikel lainnya yaa

Hi_dayat said... February 19, 2012 at 9:29 AM

@gooners and @dissi, thanks ya atas pujiannya :)
karna ini bisa jadisebuah motivasi bagi admin,
okey, ntar di terbitin artikel terbarunya :)
tq.

Akilla Skeels said... February 20, 2012 at 12:51 AM

bagus.....
kembangkan skill anda

sejarah poenya said... February 21, 2012 at 9:39 AM

hebat gan,, tapi aq masih belum ngerti, kenapa disebut internet sehat ?

wyjaya said... February 23, 2012 at 5:49 PM

good infonya,tapi semua kembali bagi penggunanya...

Hi_dayat said... February 24, 2012 at 11:43 PM

@sejarah poenya; di sebut internet sehat karna pemakainya menggunakan untuk hal hal yang positif dan bermanfaat.
sama seperti yang di katakan oleh wyjaya, semua kembali pada penggunanya :)

Hi_dayat said... February 24, 2012 at 11:45 PM

@Akilla Skeels. @wyjaya. @sejarah poenya
makasih ya buat komentar n kunjungannya...

up to you said... May 5, 2012 at 1:50 AM

postingan yang mantap...
nice share !!

aku bisa said... May 29, 2012 at 11:03 PM

artikelnya keren gan,,,
nice share..

Hi_dayat said... June 4, 2012 at 2:20 AM

makasih banyak...
mohon kunjungannya kembali

Post a Comment and Don't Spam!

Bisnis Online yang di Rekomendasi